Surat Pengantar dari Sekolah Masuk Sekolah

Pendahuluan



Saat ini, banyak sekolah yang menerapkan sistem pengantar dari sekolah sebelum masuk ke sekolah yang dituju. Namun, bagi sebagian orang, mungkin masih bingung tentang apa itu surat pengantar dari sekolah. Apa fungsi dan manfaatnya untuk siswa dan orang tua? Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.



Manfaat Surat Pengantar dari Sekolah



Manfaat dari surat pengantar dari sekolah adalah memudahkan proses penerimaan siswa baru di sekolah tujuan. Dengan adanya surat pengantar, sekolah tujuan dapat mengetahui profil siswa secara lengkap dan akurat. Selain itu, surat pengantar juga bisa menjadi referensi bagi sekolah tujuan untuk menentukan penempatan kelas dan program pendidikan yang sesuai dengan kemampuan siswa.



Cara Membuat Surat Pengantar dari Sekolah



Untuk membuat surat pengantar dari sekolah, pihak sekolah harus menyertakan data siswa secara lengkap dan akurat. Informasi yang harus disertakan antara lain nama lengkap siswa, tanggal lahir, alamat, dan riwayat pendidikan. Selain itu, pihak sekolah juga harus memberikan rekomendasi mengenai potensi siswa dan prestasi yang pernah diraih.


Peran Orang Tua dalam Pembuatan Surat Pengantar dari Sekolah



Sebagai orang tua, Anda harus memastikan bahwa surat pengantar dari sekolah anak sudah dibuat dengan benar dan lengkap. Pastikan juga bahwa data yang tercantum di surat pengantar sudah sesuai dengan data asli dan tidak ada yang terlewatkan. Jika diperlukan, Anda bisa meminta bantuan dari pihak sekolah untuk memperbaiki data yang salah atau kurang lengkap.


Cara Menggunakan Surat Pengantar dari Sekolah



Setelah surat pengantar dari sekolah selesai dibuat, Anda harus menyerahkannya ke sekolah tujuan. Pastikan bahwa surat pengantar sudah ditandatangani oleh pihak sekolah dan Anda sebagai orang tua. Surat pengantar ini akan menjadi salah satu persyaratan untuk proses penerimaan siswa baru di sekolah tujuan.


Kesimpulan



Surat pengantar dari sekolah memudahkan proses penerimaan siswa baru di sekolah tujuan. Surat ini berisi informasi tentang data siswa, sejarah pendidikan, dan rekomendasi dari pihak sekolah asal. Orang tua harus memastikan bahwa surat pengantar sudah dibuat dengan benar dan lengkap, serta menyerahkannya ke sekolah tujuan sebagai salah satu persyaratan penerimaan siswa baru.


Referensi



- Permendikbud No. 44 Tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru

- https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/08/cara-membuat-surat-pengantar-sekolah

- https://www.sekolahdasar.net/pengertian-surat-pengantar-sekolah-dan-fungsinya/

close